Tausyiah

Published Juni 21, 2009 by rheavashti

Perjalanan Panjang.

Sebentar lagi kita menemui bulan rhomadhon…..bulan penuh ampunan, bulan Al-quran, bulan yang lebih baik dari seribu bulan.

Ibarat kita akan melakukan perjalanan, perjalanan kita adalah 1 bulan penuh seberapa banyak bekal yang kita bawa dan kita persiapkan??

tentulah seharusnya sangat banyak…….banyak yang harus kita persiapkan

jika kita mau bepergian 2 hari saja….tas yang kita bawa cukup besar……dana dan kesehatan di

perhatikan. Apa yang kita persiapkan ketika rhomadhon akan menjelang??

Dalam sebuah hadist diriwayatkan bahwa Rasululloh SAW senantiasa melakukan persiapan menjelang rhomadhon adalah sejak dari bulan rajab bahkan beliau tidak pernah meninggalkan puasa sunnah di bulan sya’ban.

Rasululloh adalah manusia pilihan yang terjamin masuk surga, sedemikian beliau mempersiapkan diri……………bagaimanakah dengan kita???

Hal-hal yang sebaiknya dipersiapkan menjelang rhomadhon:

Pertama: Hati

hati adalah hal yang paling menentukan….bahkan dalam sebuah hadits dikatakan ada segumpal darah didalam tubuh kita yang apabila dia rusak maka rusaklah kita namun jika dia baik maka seluruh nya akan menjadi baik itulah hati atau qolbu.

Seyogyanya lah hati kita dipersiapkan untuk senantiasa berdzikir kepada alloh, memohon untuk tetap istiqomah dan memohon untuk bisa dipertemukan dengan bulan yang penuh keberkahan, bulan rhomadhon.

Seharusnyalah hati kita dipersiapkan untuk selalu merindu akan kehadiran bulan rhomadhon.

Kedua: Akal

Yang membedakan manusia dengan mahkluk lainnya adalah dikaruniai Alloh dengan akal.

Maka persiapkan lah akal dan pikiran kita untuk senantiasa mengetahui dan terus mempelajari keutamaan-keutamaan bulan rhomadhon,mengetahui apa yang merusak puasa kita, apa yang bisa menyempurnakan puasa kita dan segala sesuatu tentang rhomadhon yang dapat membawa kita kepada kelulusan yang sempurna dalam bulan tarbiyah tersebut.

Ketiga : Fisik

Untuk bisa melakukan perjalan jauh tentulah tidak mudah, jangan sampai kita kelelahan dan tertinggal ditengah jalan karena fisik kita yang tidak mendukung.

Demikian pula dalam menjalankan ibadah dibulan rhomadhon, seperti yang kita ketahui

bahwa pahala di bulan rhomadhon dilipat gandakan apakah hal itu akan kita sia-sia khan?

Karenanya persiapkan lah fisik kita sedini mungkin….perhatikan makan kita, makanlah makanan yang halal dan thoyib, karena semua sumber penyakit biasanya berawal dari yang apa yang kita makan. Makan lah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang meniru cara makan rasululloh

Janganlah tidur terlalu malam jika memang tidak ada hal penting yang harus dikerjakan….

biasakan lah sholat malam dengan memulai dengan rakaat yang ringan. Mulai lah puasa sunnah dari sekarang agar kita terbiasa nantinya saat melakukan puasa dibulan Rhomadhon, jangan lupa rutin berolahraga.

Keempat : Keuangan

Dari sekarang perhatikanlah cara kita membelanjakan keuangan kita, perbanyaklah mencari rejeki agar dibulan rhomadhon kita bisa memperbanyak sedekah, infaq dan bisa memberi makan untuk berbuka puasa bagi fakir miskin, anak yatim dan juga para musafir.Agar kita bisa memberi reward untuk anak-anak kita sehingga mereka semakin semangat dalam beribadah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: