Buku ….dan buku

Published Maret 7, 2010 by rheavashti
seminggu yg lalu , tepatnya tgl 25 february kemarin, berlangsung Pameran buku dikota ku semarang yang berlangsung selama sepekan…
seperti biasa kami sekeluarga tidak pernah melewati moment itu…
Dengan semangat 45, icha sudah heboh ..kami bertiga pergi kesana, sebenarnya sih kondisi kami berdua ( aku dan suamiku kurang fit) tapi berhubung kebetulan minggu kemaren itu long weekend dan jatah beli buku bulan itu belum dikeluarkan, apalagi melihat kehebohan icha yang tidak sabar untuk kesana, akhirnya kami memutuskan kesana pas hari jum’at tgl 26 feb, kebetulan hari itu libur.
penuh dan ramai apalagi hari libur seperti ini…dengan kondisi yg kurang fit, kami tidak terlalu konsentrasi melihat-lihat buku yang ada.
hampir 1/2 jam kami disana…kali ini anggaran beli buku dipangkas, karena pengeluaran bulan ini sudah banyak….
jadi kami memutuskan membeli buku yang bisa dibaca untuk berdua, artinya kami berdua suka dengan buku itu..
terpilihlah, 1 buah buku keislaman, 1 buah buku tentang kesehatan…sementara icha sudah memilih 1 buah novel anak islami dan ensiklopedia anak

Setelah masing-masing memperoleh buku, kamipun memutuskan pulang, tapi belum sampai kepintu keluar…pandangan mataku tertuju pada sebuah novel
yang entah kenapa seolah menarikku untuk melihat-lihatnya…suamiku memperhatikan itu..
“Kamu suka?” tanya beliau…
“ya…” jawabku
“Ambil saja..belilah tak apa” katanya lagi, Alhamdulillah …aku senang sekali
Novel itu berjudul ” Sang Pelopor” sebuah novel yg menceritakan tentang potret dunia pendidikan, persahabatan, dan kebersahajaan
novel ini adalah novel pertama dari trilogi novel motivasi, novel keduanya adalah ” titian sang penerus” dan yang ketiga yaitu “jejak sang perintis”
keduanya belum aku miliki, mungkin untuk jatah membeli buku bulan berikutnya…aku berencana membelinya
Sebelumnya belum berapa lama aku baru saja membaca sebuah novel yang berjudul “Negara lima menara” novel ini pun novel pertama dari trilogitetapi setahuku novel yang lain belum terbit.
Dan jauh sebelum kedua novel tersebut aku sudah membaca semua buku tetralogi karangan andrea hirata yaitu ” laskar pelangi” , “Sang pemimpi” , “Edensor”  dan”Maryamah Karpov”
Jika dibandingkan antara “laskar pelangi”, “negeri 5 menara” dan “sang pelopor“, ada kesamaan pada ketiganya yaitu menceritakan tentang persahabatan yang murni, kebersahajaan, dan potret  dunia pendidikan di negeri ini.
Untuk laskar pelangi yang mengambil

setting di belitong, kita dibawa kedalam keindahan suasana pantai dan pulau yang kaya akan hasil timahnya

Sedangkan di  “negeri 5 menara”, kita dibawa masuk kedalam suasana pesantren yang jauh dari hiruk pikuk duniawi, pesantren yang berada jauh dari keramaian dimana didalamnya dengung-dengung kalam Illahi senantiasa berkumandang.
Kemudian pada ” Sang Pelopor” pembaca diajak menikmati suasana pedesaan yang masih asli, sawah dan ladang yang menghampar luas serta keramahtamahan penduduk dan kemericik air sungai yg jernih
ketiga penulis, menggambarkan keindahan alam dari setting ceritanya dengan gaya dan kekhasannya masing-masing
Namun terlepas dari semua itu…novel-novel yang aku sebutkan tadi sangat layak dibaca, apalagi untuk generasi muda…
novel yang memperkaya bathin kita, menginspirasi pembacanya…kita bisa merasakan semangat yang ada pada tokoh-tokohnya
memotivasi pembaca melalui perjuangan dalam menggapai cita-cita….
bagus sekali kalau dalam kurikulum sekolah menengah memasukan bedah buku novel seperti itu dan mengajak siswa lebih memilih membaca ketimbang menyia-nyiakan waktunya untuk hal yang tak bermanfaat.
“Man jadda wajada” siapa yang bersungguh-sungguh akan sukses…demikian kata-kata sakti di novel ” Negeri 5 menara”
Didalam novel laskar pelangi, ada tokoh ibu muslimah yang merupakan sosok lemah lembut dan merupakan guru yang mampu menanamkan cinta ilmu kepada murid-muridnya…mendidik  dengan hati dan mengajar dengan sabar.
sementara dalam novel sang pelopor ada sosok Pak Hadi sebagai guru yg sangat dihormati, berdedikasi dan mencurahkan segenap jiwa dan raga serta harta bendanya demi majunya pendidikan siswanya..
Sungguh cerita yang sangat menggugah…….penasaran???
yuukk mari budayakan membaca..membaca dan membaca

6 comments on “Buku ….dan buku

  • weeww.. jadwal beli bukunya ada jg yah.. sama dunk kyk aq..hehe.. klo novel tetralogi laskar pelangi dah aq lahap habis… eh kecuali maryamah kapov blm sampe habis, maklum byk tugas kuliah sih.. tp emank kry andrea hirata top abis dah.. tp klo novel negeri 5 menara gmn ya.. pernah dgr dr teman tp blm pernah baca.. jadi pengen beli nih..hhehe.😀

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: